Ingin Melanjutkan Pendidikan ke Luar Negeri? Ikuti Saja Program Beasiswa Pasca Sarjana Ini!

Lulus kuliah S1 dan masih ingin melanjutkan studi untuk memiliki pendidikan yang lebih detail di tempat baru dengan pengalaman baru? Anda bisa mencoba untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana di luar negeri. Menempuh pendidikan di luar negeri bukan hanya karena gengsi saja, namun agar Anda mendapatkan pengalaman hidup yang lebih baik untuk menjadi dasar karakter saat terjun ke masyarakat. Tak dipungkiri bahwa gaya hidup dan kebiasaan masyarakat luar negeri terutama di negara maju lebih disiplin daripada di Indonesia. Karena itu mengikuti program beasiswa pasca sarjana di luar negeri akan dapat menambah ilmu dan juga menjadikan Anda pribadi yang lebih bertanggung jawab.

Negara tujuan beasiswa pasca dari Indonesia umumnya adalah negara di benua Eropa dan Amerika. Di sana Anda bisa melihat dari tayangan televisi maupun internet bagaimana masyarakat lokal memiliki jiwa yang disiplin. Hal ini akan menjadi modal bagi Anda jika bisa mengikuti kebiasaan baik tersebut sehingga jika kembali nanti bukan hanya membawa ilmu yang lebih tinggi namun juga mental yang lebih baik. Untuk masalah biaya hidup, jangan khawatir karena banyak beasiswa yang bukan hanya memberikan tunjangan untuk biaya kuliah namun juga untuk uang saku dan tiket pulang pergi. Apa saja lembaga yang memberikan beasiswa kepada masyarakat Indonesia? Berikut ini listnya:

Dikti

Dikti merupakan lembaga pendidikan Indonesia yang memberikan program beasiswa dari pelajar hingga pasca sarjana. Beasiswa Dikti adalah yang paling mudah diakses meski Anda berada di daerah sekalipun. Ada banyak pilihan universitas yang bisa Anda pilih menggunakan beasiswa dari institusi pendidikan ini.

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh kementrian keuangan dengan kuota penerimaan terbanyak dibandingkan program beasiswa lainnya. Namun beasiswa ini hanya berlaku untuk program S2 dan S3 dan bisa digunakan untuk berkuliah di dalam dan luar negeri. Karena itulah program beasiswa pasca sarjana dari LPDP menjadi yang paling diperebutkan. Ada banyak kuota yang diberikan yaitu hingga 4000 beasiswa dan terbagi menjadi 2.600 beasiswa untuk dalam negeri dan 1.400 beasiswa untuk luar negeri.

Bukan hanya uang kuliah saja yang akan diberikan oleh LPDP namun juga uang tunjangan hidup, uang buku, uang wisuda hingga tiket pesawat pulang pergi ke negara tempat kuliah.

Australia Awards Scholarship

Disingkat AAS yang merupakan lembaga pemberi beasiswa untuk pelajar Indonesia dari Australia. Untuk mendapatkan beasiswa ini Anda harus memiliki nilai tes IELTS minimal 5,5. Namun berita baiknya, tak ada sesi wawancara dalam proses seleksi AAS sehingga lebih mudah. Anda hanya perlu membuat motivation letter yang brilian untuk bisa menyingkirkan kandidat lainnya.

StuNed

Ingin kuliah ke negara di Eropa, pilihan beasiswa dari Belanda ini bisa menjadi target Anda. StuNed memberikan jatah 60 hingga 70 orang untuk calon pelajar pasca sarjana dari Indonesia. StuNed juga memberikan tanggungan hidup untuk pelajar selama berada di Australia.

Selain daftar program beasiswa pasca sarjana di atas Anda bisa mencari daftar program beasiswa lainnya di perusahaan besar, kedutaan besar negara tujuan maupun di situs dan sosial media. Ada baiknya jika Anda sudah memiliki negara atau universitas tujuan terlebih dahulu sehingga memudahkan pencarian beasiswa yang sesuai dengan tujuan tersebut. jangan lupa untuk juga mempelajari kebudayaan, kebiasaan hingga iklim negara tujuan agar bisa beradaptasi dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *