Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Seperti yang bisa kita lihat, di kota-kota besar di Indonesia kita akan banyak menjumpai berbagai macam nama tempat kursus bahasa inggris dengan berbagai macam kelebihan yang mereka tawarkan. Jadi hal ini yang terkadang mampu membuat kita bingung untuk memilih dan menentukan mana yang benar-benar bagus untuk kita jadikan pilihan.

Dan setelah bergabung dengan mereka tidak ada banyak kelebihan yang kita rasakan salah satunya kemampuan bahasa inggris semakin meningkat. Karena zaman sekarang mahir bahasa inggris adalah suatu hal yang wajib karena banyak manfaatnya.

Ketika Anda kesusahan untuk mencari tempat kursus yang bagus untuk belajar bahasa inggris, perhatikan beberapa tips di bawah ini dan cara-cara sederhana berikut supaya mendapatkan tempat kursus yang terbaik:

  1. Perhatikan kualitas dan bagaimana pengalaman para pengajar atau mentor yang disediakan.
  2. Cari tahu tentang bagaimana testimony para siswa yang belajar atau kursus di lembaga tersebut dan untuk mereka yang sudah lulus apakah memang benar-benar bagus review yang mereka berikan pada tempat kursus terkait.
  3. Perhatikan fasilitas dan bagaimana suasana pembelajaran di sana. Bagaimana desain kelasnya apakah nyaman untuk Anda atau sebaliknya.

Ada salah satu nama dan rekomendasi tempat kursus bahasa inggris terbaik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan yakni di EF Adults. Kursus bahasa inggris di tempat ini banyak menawarkan berbagai macam hal yang sangat menarik dan tidak akan Anda dapatkan pada lembaga kursus bahasa inggris yang lainnya. Yakni mereka adalah lembaga yang menyediakan kursus bahasa inggris dengan metode online dan offline.

Dengan begitu maka metode pembelajaran online yang menawarkan banyak kelebihan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja adalah solusi yang sangat bagus jika kebetulan di daerah Anda tidak ada lembaga kursus bahasa inggris English Adults.

Jadi ketika Anda sudah bergabung dan mengambil kelas mereka ada banyak materi yang disampaikan mulai dari pengenalan grammar yang paling dasar dan nanti bisa Anda jadikan modal untuk menambah kemampuan english conversation Anda menjadi lebih mahir.

Meja Kerja Baru, Semangat Baru

Disadari atau tidak, meja kerja turut memberikan mood yang baik dalam bekerja. Dulu, saya tidak pernah pakai meja saat kerja. Laptop hanya di atas paha. Ya, kamu bisa membayangkannya.

Setelah tahun 2018, saya iseng beli meja kerja–yang sebenarnya meja taman, atau yang sering dijumpai di McDonalds–biar ga pakai paha lagi. Memang terasa lebih enak dan lebih nyaman untuk bekerja.

Namun, lama kelamaan menjadi tidak nyaman ketika banyak barang yang mulai ditaruh di meja tersebut. Kesannya berantakan, space kerja jadi sempit. Mau kerja jadi uring-uringan lihat barang berantakan.

Akhirnya sempat terpikir buat beli meja kerja yang beneran. Waktu November 2021 lalu, sempat naksir sama meja kerja IKEA, lumayan saat itu promo 1,6 juta dan gratis ongkir. Sayangnya, tidak bisa langsung beli karena memang kebutuhan saat itu lagi banyak banget. Harus gantian, kalo maksa pasti ngerusak cashflow. Hehe.

Nah, akhirnya uang sudah terkumpul di bulan Januari 2022. Sayangnya, harga sudah tidak lagi promo. Harga naik jadi 1,8 juta sekian dan tidak gratis ongkir (ongkir ke Surabaya mulai 260 ribuan, lumayan mihil). Oh tidak!

Ya memang namanya promo ya harus segera diambil. Kalo tidak ya seperti ini. Akhirnya sempat bingung, masa’ ya harus “puasa” lagi. Iseng-iseng buka di Tokopedia, akhirnya nemu yang lumayan pas buat space di kamar–lebih tepat disebut gudang, hehe–yang saya pakai sebagai ruang kerja.

Kebetulan saat ini di Tokopedia barang itu lagi promo dan harganya 685 ribu. Karena tidak mau kecolongan lagi, langsung saya beli. Lagian juga budget-nya cukup.

Pengiriman lumayan lama sih, 7 hari, karena pakai kurir toko dan gratis ongkir. Meja kerja ini disusun sendiri. Di kertas manualnya tertulis 40 menit. Aslinya ternyata 4 jam jika dikerjakan amatir seperti saya dan istri. Ya, nyusunnya harus 2 orang. Hasilnya seperti di bawah ini.

Sempat iseng cek lagi harga meja kerja tersebut di toko itu, ternyata naik. Sekarang jadi 721 ribu. Harga itu pun masih promo yah. Harga aslinya 800 ribuan.

Saat nulis tulisan ini pun, saya sedang pakai meja kerja ini. Lumayan enak dan pas posisinya. Cuma dari sisi ketahanan, belum tahu bisa tahan berapa tahun. Yang jelas, semua barang yang biasanya ngumpul di meja kerja sebelumnya bisa ditaruh di rak yang ada di meja ini. Cukup banyak rak/space menyimpanannya. Ini yang aku suka; 2 laptop, monitor, beberapa smartphone, 2 powerbank, beberapa charger, harddisk eksternal, buku, dan lainnya jadi rapi.

Semoga saja meja kerja ini membuat saya lebih produktif dalam berkarya.

Shout Artinya dan Perbedaan dengan Scream

Shout artinya adalah teriakan dan kata ini memiliki arti yang sama dengan scream. Baik shout dan scream sendiri memang dua kata dengan arti yang hampir sama, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Jadi, Anda yang baru mempelajari kosakata baru dalam bahasa Inggris, pastikan Anda tahu apa yang membedakan antara scream dan shout.

Ketika nantinya Anda diminta membuat sebuah kalimat yang menggambarkan tentang teriakan atau jeritan, Anda tidak akan salah dalam menggunakan kata, apakah baiknya menggunakan ‘scream’ ataukah seharusnya ‘shout’. Bingung dengan apa yang membedakan ‘scream’ dan ‘shout’ itu sendiri?

Arti Kata Shout dan Bedanya Dengan Scream

Shout artinya adalah jeritan karena emosi. Shout sendiri adalah sebuah kata benda yang berarti tangisan keras. Shout mengekspresikan emosi yang kuat atau meminta perhatian. Menurut sejarah, kata ‘shout’ sendiri sudah ada sejak tahun 1300, yang berasal dari ‘schowten’.

Arti kata schowten’sendiri memanggil atau berteriak dengan keras. Shout juga bisa berasal dari akar kata menembak yang pada pengertiannya adalah melemparkan suara dengan keras. Shout sebenarnya merupakan ledakan suara keras dan munculnya tiba-tiba, terutama dari banyak orang yang mengungkapkan kegembiraan, kemenangan, atau sesuatu yang membuatnya bersemangat.

Namun, kata shout artinya adalah teriakan tiba-tiba dan keras yang diiringi dengan kata-kata. Jadi tidak hanya sekedar jeritan saja. Berbeda nih dengan kata scream yang lebih ke jeritan, namun tidak ada kata-kata yang menyertai, jadi hanya sekedar jeritan saja.

Biasanya scream terjadi karena kesedihan, ketakutan atau emosi yang meluap sehingga hanya jeritan saja yang terucapkan di mulut. Beda kaitannya dengan shout yang memang ada jeritan dan juga kata-kata yang bisa diucapkan dalam mulut dengan keras.

Kosakata bahasa Inggris teriak ini sering sekali membuat orang-orang bingung ketika ingin menggunakannya dalam sebuah kalimat. Namun, setelah ulasan ini, mungkin Anda tidak akan lagi merasa kebingungan bukan?

Nah, kalau Anda ingin belajar lebih jauh mengenai berbagai kosakata yang memiliki arti hampir sama seperti scream dan shout artinya namun sebenarnya kedua kata ini berbeda, Anda bisa daftar kursus bahasa Inggris dengan metode terbaik di EF English Center!

Tugas Seorang Resepsionis di Kantor

Agar sebuah kantor dapat berjalan dengan lancar dan berkembang menjadi perusahaan yang maju, setiap karyawan perlu untuk memberikan kontribusi sesuai tugasnya. Setiap posisi mempunyai tugasnya sendiri-sendiri sehingga tidak terjadi overlap tugas dan kewajiban yang dipunyai di kantor. Tidak hanya posisi di atas yang memberikan kontribusinya untuk perusahaan seperti manajer, kepala cabang, direktur, dan lainnya. Tetapi semua posisi di kantor mempunyai peranan yang penting dan dibutuhkan hingga cleaning service atau security untuk menjaga keamanan di kantor.

Salah satu posisi yang diperlukan di kantor adalah resepsionis. Seorang resepsionis merupakan orang yang akan ditemui pertama kali ketika masuk ke sebuah kantor. Dimana tugas dari resepsionis juga sangat penting. Seperti call center yang menjadi posisi untuk menjawab pertanyaan, saran, dan kritik yang masuk lewat panggilan telepon. Posisi resepsionis memberikan tugas yang hampir serupa dengan call center tetapi berhadapan secara langsung bukan melalui online.

Tugas dari seorang respsionis perlu dilakukan oleh tenaga profesional karena termasuk pekerja depan yang akan memberikan kesan pada tamu yang datang. Untuk mendapatkan tenaga resepsionis yang profesional bisa menggunakan jasa penyedia resepsionis Jakarta, sehingga petugas rerepsionis akan sudah mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dipunyai di kantor. Beberapa tugas seorang resepsionis adalah:

  1. Pertama adalah menerima dan menyambut tamu yang datang. Resepsionis merupakan orang pertama yang dicari dan menjadi tempat bertanya bagi para tamu. Sehingga ketika membutuhkan hal di kantor maka resepsionis bisa menjadi orang yang dapat menerima, menyambut, dan juga melayani kebutuhan tamu. Resepsionis juga bisa mengantarkan tamu untuk dapat menemukan keperluannya di kantor, seperti dengan menunjukkan dan mengantarkan tamu ke ruangan yang dicarinya.
  2. Resepsionis juga bertugas untuk menerima panggilan telepon kemudian menyalurkannya ke karyawan kantor atau bagian yang ada di perusahaan.
  3. Resepsionis perlu mempunyai kemampuan aktivitas administrasi sederhana yang berhubungan dengan penerimaan tamu, paket, surat, dan lainnya.
  4. Resepsionis perlu mempunyai kemampuan untuk menerima paket surat.

Berbagai tugas ini sudah dikuasai dan diketahui oleh resepsionis yang bisa diambil dari Pt Mitratama Cipta Selaras. Perusahaan tersebut merupakan jasa penyedia resepsionis profesional yang bisa membantu pekerjaan yang dibutuhkan di kantor.

Memilih Dokter Gigi Yogyakarta Tidak Hanya Sekedar Murah

Memiliki gigi yang sehat tentu saja merupakan dambaan bagi semua orang. Bahkan, mereka yang sudah lanjut usia juga ingin memiliki gigi sehat. Untuk mendapatkan gigi sehat, tentu saja dibutuhkan perawatan secara teratur, contoh kecilnya saja seperti menggosok gigi 2 kali dalam sehari.

Namun, menggosok gigi saja tidak cukup. Selain menggosok gigi secara teratur, Kamu juga harus melakukan perawatan gigi secara rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali. Sebagai sebuah provinsi yang maju, di Yogyakarta sendiri ada begitu banyak dokter gigi yang kompeten di bidangnya.

Dokter gigi Yogyakarta tentu saja memiliki spesialisasi beragam. Mendatangi salah satu dokter gigi, mungkin mudah, namun biasanya hal yang menjadi momok adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan gigi.

Biasanya, karena takut mahalnya biaya untuk mengunjungi dokter gigi, pasien sering memilih dokter gigi yang memiliki biaya paling murah.

Memilih Dokter Gigi Yogyakarta Tidak Hanya Soal Biaya

Masalah biaya memang harus diperhatikan dengan baik. Namun selain biaya, ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan, sehingga memilih dokter gigi bukan hanya sekadar dari harga murah.

Berikut berbagai macam tips memilih dokter gigi Yogyakarta agar mendapatkan harga murah sekaligus pelayanan profesional, antara lain:

1. Pilih dokter yang memiliki berbagai macam pilihan pembayaran

Ketika mencari rekomendasi dokter gigi Yogyakarta di internet, kamu bisa memilih dokter yang memiliki berbagai macam pilihan metode pembayaran. Bahkan bisa menggunakan asuransi, sehingga budget perawatan gigi yang kamu miliki menjadi lebih hemat.

Hindari memilih dokter gigi yang hanya menyediakan pembayaran cash, jangan sampai karena kamu menyediakan uang cash hanya sedikit, kamu terpaksa harus menahan malu pergi ke ATM dan kembali lagi ke klinik untuk melakukan pembayaran.

2. Pilih dokter yang tidak jauh dari rumah

Selain memiliki berbagai macam metode pembayaran, kamu juga bisa memilih dokter yang tidak jauh dari rumah serta kantormu. Memilih dokter yang tidak jauh dari rumah serta kantormu akan membuat biaya transportasi menjadi lebih irit bukan.

3. Pastikan klinik bersih dan nyaman

Saat baru pertama kali pergi ke dokter gigi, mungkin kamu akan sangat takut, dan bertanya-tanya apa saja perawatan yang nantinya akan dilakukan. Suasana ini akan menjadi lebih menakutkan jika klinik yang kamu kunjungi tidak nyaman.

Usahakan memilih klinik atau dokter gigi yang bersih serta nyaman. Bahkan, di ruang tunggu juga tersedia beberapa fasilitas sehingga waktu menunggu perawatan menjadi menyenangkan.

Sistem sterilisasi ruangan yang dimiliki klinik gigi tersebut juga harus kamu perhatikan dengan baik. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, seluruh alat-alat harus disterilkan dengan baik.

4. Pastikan dokter gigi tersebut memiliki alat serta obat yang memadai

Meskipun memilih dokter gigi yang memiliki harga perawatan atau tindakan murah, namun jangan sampai kamu mengabaikan keselamatanmu dengan memilih dokter yang hanya memiliki alat dan obat seadanya.

Kamu bisa mengecek apakah dokter tersebut mempunyai ketersediaan alat serta bahan untuk melakukan perawatan gigi yang lengkap, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, bisa dilakukan penanganan dengan cepat.
Memilih dokter gigi Yogyakarta tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Namun, agar tidak keliru dalam melakukan pemilihan, kamu bisa langsung mengunjungi Opal Dental. Opal Dental merupakan klinik gigi yang tepercaya serta menggunakan berbagai macam alat canggih. Staf dari Opal Dental juga sangat profesional dan ramah, sehingga kunjungan perawatan pertama kalimu akan sangat menyenangkan di sini.

Tips Mencari Rental Mobil Terdekat untuk Liburan

Ketika ingin menikmati liburan bersama dengan keluarga tanpa merasakan kelelahan mengemudi, mencari rental mobil terdekat dari rumah menjadi pilihan yang tepat. Bila menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kita harus mencari transportasi umum lain.

Berbeda jika memilih menggunakan mobil rental. Mobil tersebut bisa terus digunakan untuk melanjutkan perjalanan sampai ke destinasi wisata. Namun, karena mobil rentalan ini sangat penting untuk membuat liburan menjadi menyenangkan, ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan.

Tips Memilih Rental Mobil Terdekat

Agar tidak salah dalam melakukan pemilihan rental mobil, berikut beberapa hal yang harus Kamu perhatikan dengan baik, antara lain:

1. Pilih mobil dengan baik

Kamu bisa mengetahui seperti apa mobil yang dibutuhkan. Cara ini dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan dengan pas. Contohnya kamu ingin mengunjungi pegunungan, tentu saja harus mencari mobil yang memiliki kondisi prima serta mampu menempuh berbagai macam medan.

Jangan sampai, Kamu akan mengunjungi pegunungan namun malah memilih mobil untuk jalanan kota. Menemukan mobil dengan pas berhubungan erat dengan kepuasan, keselamatan dan kenyamanan.

2. Pahami seluruh ketentuan yang dimiliki

Hindari langsung memilih salah satu rental mobil terdekat tanpa melihat ketentuan dari setiap jasa rental mobil. Jangan sampai terdapat aturan yang merugikan contohnya saja seperti keterlambatan pengembalian mobil hanya 1 jam dihitung full selama 1 hari, atau rental tersebut kurang fleksibel dalam aturan.

3. Lihat testimoni yang diberikan oleh pengguna lain

Banyak rental-rental yang berada di kota besar. Agar tidak salah dalam melakukan pilihan. Kamu dapat mencari informasi menggunakan jaringan internet, bahkan review mengenai rental yang akan digunakan untuk menyewa. Kamu bisa membaca dengan baik seperti apa gambaran jasa penyewaan mobil tersebut, pastikan rental memiliki review positif yang berkaitan dengan fasilitas, kebersiham, pelayanan yang diberikan sopir hingga tarif sewa.

Selain itu kamu juga harus memastikan jika review tersebut benar-benar diberikan oleh mereka yang sudah pernah menggunakan jasa kendaraan tersebut, karena sekarang ini tidak sedikit jasa rental yang menggunakan review abal-abal.

4. Bandingkan harga sewa

Sebelum melakukan pemesanan, pastikan mengetahui berapa harga yang mereka berikan, hal ini dilakukan agar bisa mengetahui berapa kisaran tarif yang diperlukan hingga ke tujuan wisata.

Bukan hanya itu, kemudian, bandingkan tarif sewa yang ditawarkan beberapa penyedia rental mobil lain. Bisa saja kamu akan menemukan selisih harga yang cukup jauh.

5. Cek kembali fasilitas yang ditawarkan

Sebenarnya harga bukan menjadi satu-satunya hal yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa mengecek fasilitas apa saja yang diberikan, kemudian bandingkan dengan jasa lain.Contohnya saja jasa tersebut memberikan fasilitas seperti sopir gratis hingga menuju ke kota tujuan wisata. Kamu juga harus mengecek besarnya biaya tambahan yang harus dibayarkan, jika terdapat fasilitas lain. Contohnya seperti biaya tambahan fee sopir, layanan penjemputan dan lainnya.

6. Pilih jasa yang paling lengkap

Kamu bisa memilih jasa yang memberikan fasilitas atau layanan paling lengkap. Seperti jasa yang memberikan rincian biaya dengan lengkap, jasa yang memberi paket fleksibel, promo menarik hingga jaminan keamanan.

Berbagai macam layanan yang lengkap seperti ini tentu saja akan membuat budget anggaran Kamu menjadi semakin hemat, apalagi ditambah dengan layanan yang lengkap.

Dengan memilih jasa rental yang tepat, liburan Kamu bersama dengan keluarga akan menjadi lebih menyenangkan. Jadi, jangan sampai memilih rental mobil terdekat.

Salurkan Donasi Anda Tanda Peduli kepada Anak Indonesia

UNICEF sebagai salah satu organisasi di bawah naungan PBB yang membidangi kesejahteraan anak dan ibunya untuk bantuan kemanusiaan, dan juga perkembangan kesejahteraan sosial dalam jangka panjang. Dalam perkembangannya, UNICEF berkontribusi banyak di dalam organisasi ini untuk menampung berbagai donasi dari semua kalangan dan dari seluruh dunia untuk bantuan kemanusiaan.

Tentu tak mudah untuk mengunpulkan dana sumbangan tersebut harus memberikan kepercayaan kepada masyarakat agar donasi yang terkumpul dapat disalurkan sepenuhnya kepada yang membutuhkan. UNICEF Peduli Anak di berbagai belahan dunia sudah menjadi hal yang biasa untuk menggalang dana, untuk itu Anda bisa menyumbangkan sebagian dana yang Anda miliki untuk kepentingan sosial bagi anak dan ibunya di berbagai negara yang sedang mengalami krisis.

Krisis yang mereka alami bukan hanya dari pendidikan, sosial dan budaya saja, tapi akibat perpecahan di suatu negara mengakibatkan dampak buruk bagi psikis dan mentalnya, sehingga butuh pendampingan khusus untuk memulihkan kembali kondisi psikis dan mentalnya tersebut. Namun, usaha tersebut pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit apalagi jika banyak orang yang membutuhkannya. Untuk itu, pihak UNICEF tidak bisa mengandalkan bantuan dari sepihak saja, tapi butuh bantuan dari para donatur untuk mengumpulkan donasi yang ada dan bisa tersalurkan dengan baik kepada yang membutuhkan.

Untuk memberikan bantuan kepada mereka, Anda tak perlu bingung harus menyalurkannya kemana, jika Anda memiliki rejeki sedikit dan ingin membantu saudara-saudara diluar sana yang membutuhkan, bisa melalui UNICEF donasi online. Anda bisa kunjungi website UNICEF, kemudian pilih menu “Donasi Sekarang!” dan isi nominal yang akan Anda donaskan, kemudian isi identitas diri Anda agar bisa dipertanggungjawabkan dan dana yang Anda berikan dapat diterima dan disalurkan dengan baik.

Anda pun bisa mengikuti perkembangan donasi Anda melalui situs sumbangan online ini www.supportunicefindonesia.org agar Anda bisa memberikan bantuan secara rutin atau juga bisa mengecek dana yang telah Anda berikan digunakan untuk kepentingan apa saja bagi mereka yang membutuhkan.

Perpanjang SIM Online, Mudah dan Praktis

Surat Izin Mengemudi atau biasa disebut dengan SIM merupakan salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki oleh pengendara bermotor. Berbeda dengan KTP, SIM tidak berlaku seumur hidup. Pemilik SIM harus memperpanjangnya 5 tahun sekali. Sekarang, perpanjang SIM online bisa dijadikan sebagai pilihan.

Hal yang Harus Diketahui Saat Perpanjang SIM Online

Ada berbagai macam hal yang harus diketahui ketika melakukan perpanjangan SIM secara online, berikut beberapa diantaranya:

Dokumen yang harus disiapkan

Ketika melakukan perpanjangan SIM secara online, Anda harus menyiapkan berbagai macam dokumen. Tidak sedikit peserta pemohon SIM yang mengeluhkan proses yang cukup lama dan berbelit-belit. Hal ini disebabkan karena mereka tidak menyiapkan berbagai persyaratannya dengan baik.

Ketika sudah melakukan pengajuan, Anda harus mencari serta melengkapi ebrbagai macam dokumen. Persyaratan dokumen ini seperti pengisian formulir yang telah disediakan di web Korlantas Polri, selain itu KTP yang masih berlaku, SIM lama yang berlaku, surat keterangan sehat dari dokter dan surat keterangan lulus uji simulator.

Ketentuan yang harus diketahui pemohon perpanjangan SIM

Selain dokumen yang harus disiapkan dengan baik, ada berbagai ketentuan yang harus diketahui saat ingin memperpanjang SIM seperti permohonan harus dilakukan sebelum masa berlaku berakhir.

Pemilihan tanggal pengajuan perpanjangan SIM bisa dipilih sendiri, asalkan tanggal tersebut belum melewati tanggal masa berlaku SIM. Bila permohonan dilakukan melewati batas waktu, permintaan akan diproses sesuai dengan golongan dan menyiapkan dokumen lengkap.

Pengajuan dapat dilakukan di Satpas seluruh Indonesia sesuai dengan tempat tinggal pemohon. Bila dokukmen sudah dikumpulkan, permohonan bisa diajukan ke petugas identifikasi serta verifikasi tempat pelayanan SIM.

Menyiapkan biaya

Bukan hanya dokumen serta ketentuannya saja yang ahrus diketahui, biaya untuk pengajuan perpanjang SIM online sebesar Rp 80 ribuan. Biaya tersebut untuk SIM A umum, B1, B1 umum, B2 serta B2 umum.

Selain itu untuk SIM C memiliki biaya Rp 75 ribuan, dan SIM D Rp 30 ribuan. Karena Anda melakukan perpanjangan secara online, Anda harus melakukan pembayaran biaya adaministrasi sebesar Rp 5 ribu.

Melakukan perpanjangan SIM

Untuk melakukan perpanjangan SIM, Anda dapat membuka web Korlantas Polri kemudian memilih pendaftaran SIM secara online dan pilih perpanjangan SIM. Isi semua kolom permohonan perpanjangan SIM, dan isi kode verifikasi dan klik kirim.

Nantinya, bukti registrasi akan dikirim melalui email. Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM atau teller BRI. Setelah selesai, Anda cukup datang ke gerai pelayanan SIM dan membawa bukti pembayaran serta registrasi.

Anda hanya perlu menunggu giliran foto untuk mencetak SIM baru. Setelah giliran foto Anda tiba, berikutnya Anda cukup menunggu SIM selesai di buat.

Langkah perpanjangan SIM online sebenarnya sangat mudah, cepat dan murah. Jadi, jangan menunggu sampai SIM Anda habis masa berlakunya, ya!

Tips Melakukan Instalasi Listrik Rumah Tangga

Tidak semua ilmu bisa kita kuasai. Sepertinya semua orang setuju dengan ungkapan ini. Bisa jadi kamu jago di bidang A, namun lemah di bidang B. Namun, untuk saat ini, ilmu pengetahuan dengan mudah didapatkan dengan googling. Meskipun bukan ilmu yang mendalam, setidaknya bisa mengantarkan kita untuk mulai memahami secara garis besar.

Sebut saja ilmu tentang instalasi listrik rumah tangga. Ilmu ini sepertinya memang terlihat mudah, namun tidak juga. Banyak ilmu penyokong untuk memahami instalasi listrik rumah tangga. Ditambah dengan pengalaman juga sangat membantu untuk menemukan diagram instalasi listrik rumah tangga yang paling bagus untuk sebuah kasus. Karena beda denah rumah, tentu beda juga solusi terbaiknya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan instalasi listrik rumah tangga.

Pelajari Denah Rumah

Hal yang pertama kali harus dilakukan sebelum melakukan instalasi listrik rumah tangga adalah memahami denah rumah yang akan dikerjakan instalasinya. Setiap rumah mempunyai solusi terbaik tersendiri. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan kamu sering memasang instalasi listrik rumah. Mulai dari jalurnya, kabel yang digunakan, letak saklar dan stop kontak yang optimal di mana.

Contoh Diagram Instalasi Listrik Rumah Tangga

Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Instalasi

Setelah kamu menentukan dan menggambar denah instalasi listriknya, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan dan bahan instalasi. Jika kamu memang instalator listrik, peralatan pasti sudah kamu miliki, tinggal beli bahan-bahan instalasi seperti kabel, saklar, stop kontak, MCB, atau sejenisnya. Oh ya, dalam membeli bahan instalasi, pastikan kamu membeli yang berstandar SNI. Penting sekali untuk memilih produk SNI demi keamanan dan kenyamanan.

Menyiapkan Lubang untuk Saklar dan Stop Kontak

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lubang dan alur kabel yang akan digunakan sesuai dengan diagram instalasi listrik rumah tangga yang sudah dibuat. Mulai lubangi dan pasang pipa-pipa untuk jalur kabel.

Memulai Pemasangan di Jalur Utama

Selanjutnya kamu mulai melakukan pemasangan kabel di jalur utama. Jangan lupa untuk memasang kabel arde yang biasanya berwarna kuning strip hijau. Kabel ini digunakan untuk pengamanan dari sambaran petir. Kabel ini juga dihubungkan dengan besi yang dipasang di dalam tanah.

Menghubungkan Kabel dengan Saklar, Stop Kontak, dan MCB

Setelah kabel-kabel di jalur utama terpasang, langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel-kabel tersebut dengan saklar, stop kontak, fitting lampu, dan MCB yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Praktik terbaiknya adalah setiap sambungan kabel dipasang di dalam kotak. Tujuannya agar mudah diidentifikasi dan kabel menjadi rapi.

Pengujian

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah pengujian. Apa saja yang harus diuji? Hal yang diuji adalah stop kontak, diuji dengan menggunakan test pen. Jika bekerja dengan baik, test pen akan menyala dan itu menandakan ada aliran listrik dalam stop kontak tersebut.

Setelah itu, yang harus diuji selanjutnya adalah saklar dan lampu. Pastikan saat saklar dalam posisi ON, lampu menyala. Jika dalam posisi OFF, lampu padam. Jika terbalik, maka bisa jadi kamu salah pasang.

Tak lupa, kamu juga harus menguji MCB. Coba matikan MCB dan cek apakah masih ada aliran listrik yang mengalir dalam instalasi listrik tersebut. Jika masih ada, artinya MCB tidak berfungsi dengan semestinya. Harusnya ketika MCB mati, maka semua aliran listrik benar-benar tidak ada lagi, karena dia adalah gerbang utama arus listrik masuk.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan saat kamu melakukan instalasi listrik rumah tangga. Semoga info ini bermanfaat.

Cari Info Kesehatan? Di SehatQ.com Saja!

Di masa pandemi ini, banyak sekali kekhawatiran yang melanda banyak orang. Tentu saja karena Coronavirus ini sangat mudah menular dan tidak terlihat. Bahkan ada yang tidak bergejala, namun sebenarnya dia positif.

Tak hanya itu, beberapa orang juga menyebarkan berita yang tidak benar yang kadang meresahkan. Nah, bagi kamu yang bingung membedakan berita tersebut benar atau tidak, kamu bisa mengeceknya di website kesehatan yang otoritasnya sudah jelas, semisal SehatQ.com.

Manfaat Mencari Info Kesehatan di SehatQ.com

Ada beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika kamu mencari info kesehatan di SehatQ.com. Apa saja itu?

Situs Terpercaya

Seringkali beberapa orang googling untuk menemukan penyakit apa yang sedang dia derita. Tak jarang juga akan diarahkan di website yang tidak jelas. Website-website seperti itu biasanya hanya menulis berdasarkan apa yang dia dapatkan dari website lain juga. Tak jarang juga info yang diambil meleset dari kebenaran. Bukannya malah sembuh, malah makin parah penyakit gara-gara salah penanganan.

Untuk itu, sangat penting untuk mencari info kesehatan pada website yang memang punya otoritas dalam kesehatan.

Penjelasan Lengkap

Karena SehatQ.com adalah website yang dikelola oleh profesional dan dokter, penjelasan materi kesehatan yang ada di sana ditulis secara lengkap dan gamblang. Kamu bisa mengeceknya sendiri dengan mengunjungi salah satu laman mereka yang membahas mengenai daur hidup nyamuk dan apa saja penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Bisa Tanya di Forum dan Dijawab oleh Dokter

Tak hanya mendapatkan penjelasan yang lengkap, kamu juga bisa menanyakan penyakit yang sedang diderita dan langsung dijawab oleh dokter yang berpengalaman. Selain itu, kamu juga bisa membaca penyakit orang lain dan jawaban dari pertanyaan mereka. Buat kamu yang awam, informasi yang ada di forum akan sangat membantu.

Bisa Langsung Chat dengan Dokter

Tidak puas dengan jawaban yang ada di forum atau artikel kesehatan yang tertulis di SehatQ.com, kamu bisa langsung chat dengan dokter. Kamu bisa menceritakan apa yang sedang kamu keluhkan terkait penyakit yang sedang kamu derita.

SehatQ.com mempunyai banyak dokter yang masing-masing punya spesialisasi sendiri. Misal kamu sakit gigi, kamu bisa chat dengan dokter gigi. Jika kamu sakit lambung dan sekitarnya, kamu bisa chat dengan dokter yang spesialisasi menangani penyakit dalam.

Fungsi chat dengan dokter di SehatQ.com ini adalah sebagai tindakan dini sebelum kamu benar-benar datang ke dokter. Apalagi di musim pandemi ini diusahakan di rumah saja. Jika penyakit bisa diselesaikan dengan resep dokter, cukup dengan resep dokter saja.

Berbeda lagi jika kamu butuh tindakan lanjut seperti misal kamu sakit gigi dan harus mencabut gigi. Maka kamu tentu harus ke dokter gigi jika memang dokter SehatQ.com menyarankan harus kunjungan ke dokter gigi untuk mencabut gigi.

Bisa Cek Informasi Obat

Selain fitur tersebut, kamu juga mengecek jenis obat yang diresepkan di SehatQ.com. Informasi obat ini sangat penting bagi kamu yang memang ingin tahu obat ini untuk apa dan obat itu untuk apa. Tak hanya informasi obat saja, kamu juga bisa melakukan pemesanan obat langsung di SehatQ.com dengan perantara chat dengan dokter yang memberikan resep.

Jadi, banyak banget kan kelebihan dari SehatQ.com ini. Semoga dengan kehadiran SehatQ.com ini mempermudah kamu dan orang lainnya untuk mengakses informasi kesehatan yang akurat.