Facebook Down 3 Jam Lebih

Malam ini cukup mengagetkan ketiga saya menjumpai Facebook down lebih dari 3 jam. Awalnya sih sedikit ragu, tapi WhatsApp saya selalu minta cek koneksi dari tadi selepas Maghrib. Semua layanan yang berada di bawah naungan Facebook, ikut down.

Awalnya saya curiga apakah koneksi IndiHome di rumah saya sedang berulah. Etapi ketika buka blog saya, lah kok bisa. Bahkan saya coba pakai VPN buat buka Facebook, juga tidak bisa. Buka Twitter bisa. Dan di Twitter langsung rame pada bilang Facebook down. Haha.

Sepertinya manfaat Twitter adalah untuk memastikan apakah Facebook beneran down atau tidak.

Beberapa minggu yang lalu juga sempat ramai Facebook dan kroninya down. Efeknya adalah banyak sekali orang yang beralih menginstal dan menggunakan Telegram. Ya mungkin CEO Telegram-nya juga kaget, lah kok banyak yang instal, eh tahunya WhatsApp lagi down. Hehe.

Udah segitu curhat saya kali ini. Pelajaran yang didapat dari kejadian ini adalah jangan selalu mengandalkan Facebook. Jangan kayak saya, login akun Bukalapak, Flip, dan beberapa aplikasi lainnya saya menggunakan Facebook. Pas Facebook down, udah deh ga bisa login. Pengennya sih ringkas biar ga menghapal banyak password, tapi kalau sudah kejadian kayak gini, bingung juga.

Untunglah selepas saya mengakhiri tulisan ini, Facebook sudah bisa diakses kembali.

2 thoughts on “Facebook Down 3 Jam Lebih”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *